Subscribe to be notified for updates: RSS Feed

Uncategorized
Cetakan Pada Kemasan Plastik

31 Mar
2017

Cetakan Pada Kemasan Plastik

Author: admin
Comments: 0
No tags here

Hampir semua kemasan produk memiliki cetakan dengan berbagai tujuan, mulai dari memberikan keterangan produk sampai untuk keperluan pemasaran. Maka, ketika anda meminta penawaran untuk kemasan plastik kepada kami, staff kami pasti akan menanyakan desain yang akan dicetak pada kemasan atau meminta anda mengirimkan file desain untuk dianalisa. Mungkin anda bertanya2 kenapa kami memerlukan kepastian soal desain sebelum memberikan penawaran kepada anda?

Secara garis besar, desain cetakan anda berhubungan dengan harga kemasan dan jumlah minimal pemesanan (MOQ). Berikut kami coba jelaskan hubungannya:
1. Jumlah warna dan tingkat kesulitan
Jumlah warna akan mempengaruhi harga kemasan dan jumlah pesanan minimum yang ditawarkan, kenapa? Dari sisi harga, semakin banyak warna jumlah film atau silinder serta banyaknya tinta yang diperlukan untuk proses produksi. Sedangkan jumlah pesanan terpengaruh karena tingkat kesulitannya, semakin banyak warna dan tinggi tingkat kesulitannya (misal: cetakan kecil/detail, ada sambungan antar warna) maka akan lebih banyak bahan baku yang terbuang untuk melakukan proses kalibrasi pada mesin cetak, yang otomatis akan meningkatkan MOQ. Selain itu jumlah warna dan tingkat kesulitan akan menentukan teknik pencetakan yang digunakan.
2. Metode pencetakan
Ada 2 metode pencetakan yang dapat kami lakukan yaitu Rotogravure dan Sablon (kami akan membahas lebih detil mengenai kedua metode ini pada artikel berikutnya), secara umum metode rotogravure akan menghasilkan cetakan yang lebih baik daripada sablon, namun metode ini memerlukan MOQ yang lebih besar. Untuk teknik pencetakan ini pun masih dibedakan lagi berdasarkan mesin yang digunakan
3. Mesin cetak
Secara umum mesin cetak dikelompokkan menjadi manual, semi otomatis dan otomatis. Mesin otomatis menghasilkan kualitas cetakan yang terbaik, namun karena kapasitasnya yang besar maka diperlukan MOQ yang besar juga. Kemudian diikuti oleh mesin semi otomatis dan mesin manual baik untuk kualitas cetak maupun MOQ.

Bagaimana, apakah dengan penjelasan singkat ini sudah lebih jelas hubungan desain cetak dengan penawaran yang anda terima? :) Semoga ini dapat membantu anda untuk menentukan desain cetakan dan jumlah pesanan yang paling sesuai dengan kebutuhan kemasan anda. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan hubungi kami, kami akan dengan senang hati mencoba membantu anda menemukan solusi yang terbaik.

NO comments yet

Comments are closed.